WEBINAR NASIONAL “APPTIS SERIES SHARING”

“Optimalisasi dan Strategi Pengelolaan Local Content di Perpustakaan Perguruan Tinggi”

BANJARMASIN, Webinar Nasional ke-7 yang diselenggarakan oleh APPTIS bekerjasama dengan UIN Antasari Banjarmasin dengan tema “Optimalisasi dan Strategi Pengelolaan Local Content di Perpustakaan Perguruan Tinggi”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dua ruang, pertama secara luring dan online, Rabu (26/10/2022).

Dilayar zoom,  terlihat hadir dan mengikuti webinar Ketua Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Dr. Labibah Zain, M.Lis, pustakawan dan pengelola perpustakaan serta pemerhati perpustakaan dan informasi dari berbagai penjuru di Indonesia, terkhusus dilingkungan perguruan tinggi Islam, yang berjumlah mencapai tiga ratusan peserta.

Webinar diawali dengan welcome speech oleh Kepala Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin Dr. Saifuddin, M.Ag, beliau sangat senang dengan kesempatan kerjasama webinar ini dengan APPTIS, serta berharap materi-materi yang dipaparkan narasumber menambah wawasan audiens tentang local content dan pelestariannya.

Acara dibuka oleh Ketua umum APPTIS dalam hal ini diwakili oleh Dr. Anisa Listiana, M.Ag (Koordinator Divisi Advokasi APPTIS). Dalam sambutannya menyampaikan majelis ilmu ini sebagai wadah dari kita, oleh kita, untuk kita untuk melakukan secara terus menerus saling memperkuat peran perpustakaan di perguruan tinggi dalam memberi dan memperkaya sumber rujukan diperpustakaan masing-masing terutama dengan local content.

Ibu Anisa juga mengucapkan terimakasih kepada UIN Antasari selaku tuan rumah dalam penyelenggaraan Webinar Nasional ke-7 ini, Kepada kedua  Narasumber yang telah bersedia berbagi dan mentransfer ilmunya kepada peserta webinar hari ini, Kepada Pengurus APPTIS, kepada Panitia Penyelenggara dan pihak-pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung.

Kepala Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin Dr. Saifuddin, M.Ag, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam terselenggaranya Webinar Nasional ini, terutama kepada ke-2 Narasumber yang siap membagi kiat dan strategi dalam mengelola Local Content. Dengan terselenggaranya ini diharapkan peserta webinar bisa menyerap ilmu dan bisa direalisasikan di masing-masing perpustakaan sesuai kultur budaya yang ada di daerah masing-masing tentunya.

Adapun Narasumber Webinar Nasional kali ini adalah Drs. Humaidy, M.Ag (Dosen UIN Antasari Banjarmasin) mengemukakan akan pentingnya menggali kekayaan ilmu pengetahuan leluhur kita terkhusus di bidang ilmu agama yang lazimnya kita kenal dengan manuskrip.  Narasumber kedua, Fiqru Mafar, M,IP (Dosen UIN KH Achmad Siddiq Jembar) menyajikan materi berjudul “Potensi manuskrip nusantara sebagai local content perpustakaan perguruan tinggi”. Diawal paparan beliau mengemukakan bahwa manuskrip merupakan tulisan tangan nenek moyang kita yang berusia lebih dari 50 tahun dan beirisikan nilai-nilai penting budaya, sejarah dan ilmu pengetahuan. Diakhir paparannya, Fiqru mengajak semua audiens untuk bersinergi melestarikan manuskrip. Sebab kalau tidak kita siapa lagi yang mengelola informasi-informasi penting yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita dan kalau tidak sekarang kapan lagi” pungkas beliau. Dengan terselenggaranya Webinar Nasional Optimalisasi dan Strategi Pengelolaan Local Content di Perpustakaan Perguruan Tinggi, diharapkan perpustakaan PTKI dapat menghimpun dan melayani koleksi berbasis Local Content yang ada dimasing-masing perguruan tinggi. Sehingga dapat memberikan pengetahuan tersebut kepada Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat Sekitar.

Reporter : Rasda